Sabtu, 24 Maret 2012

Sebuah Arloji

Ada sebuah cerita yang sangat bagus diceritakan oleh seorang pertapa tentang sebuah arloji.

Ada seorang pria di India yang diberikan sebuah arloji yang mahal. Karena ia tidak tahu apa itu arloji dan fungsinya. Baginya arloji itu hanyalah sebuah gelang yang indah. Ia tidak tahu bahwa itu adalah sebuah alat untuk menunjukkan waktu. Akibatnya ia selalu terlambat masuk kerja dan akhirnya ia dipecat serta kehilangan tempat tinggalnya.

Ketika ia membuat janji untuk wawancara, ia datang terlambat, begitu pula dengan janji-janji dan pekerjaan lainnya yang membutuhkan ketepatan waktu, ia selalu datang terlambat.

Akhirnya, karena frustasi, ia bertanya kepada seseorang di jalan, "Jam berapakah sekarang ini?".
Orang itu memandangnya dengan penuh keheranan, "Anda memakai sebuah arloji di tangan. Itu akan menunjukkan waktu untuk anda", jawabnya.
"Sebuah arloji. Apa itu?", balasnya.
"Kamu bercanda bukan?", jawab orang asing tersebut sambil menunjuk ke alat yang dipakai pria tersebut di lengannya.
"Tidak", jawab pria itu, "Ini adalah sebuah perhiasan yang indah, sebuah hadiah dari seorang teman. Apa hubungannya dengan menunjukkan waktu?".

Maka dengan penuh kesabaran, orang asing tersebut mengajarkannya bagaimana melihat jam di arloji, memahami jarum petunjuk jam, menit dan detik.
"Saya tidak percaya ini", teriak si pria India, "Jadi, maksudnya selama ini saya memiliki sesuatu yang bisa menunjukkan waktu dan bahkan saya tidak tahu?"
"Jangan salahkan saya", kata si orang asing itu, "Siapapun yang telah memberikan arloji itu untuk anda, seharusnya menjelaskan fungsinya".

Setelah hening sejenak, pria itu menjawab dengan suara yang lembut dan malu-malu, "Mungkin, ia juga tidak tahu benda apa ini".
"Mungkin juga ia memberikan sebuah hadiah yang ia sendiri tidak tahu bagaimana menggunakannya. Sekarang, paling tidak, anda tahu bagaimana menggunakannya". Setelah berkata itu, si orang asing kemudian pergi menghilang diantara para pejalan kaki dan kesibukan kota India.

Siapa yang tahu kalau-kalau sahabat ini adalah seorang utusan Tuhan atau hanya orang asing yang ditemui secara kebetulan, yang bisa membedakan antara arloji dan gelang biasa. Setelah kejadian itu pria India tersebut mampu mempergunakan arlojinya sehingga ia bisa datang untuk wawancara sebuah pekerjaan dan kemudian mendapatkan pekerjaan yang baik untuk memperbaiki kehidupannya.

Pelajaran yang dapat kita petik dari cerita di atas adalah bahwa kita diberkahi dengan kemampuan yang sering kali tidak kita sadari, sampai seseorang menunjukkannya kepada kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar