SASANA: ETIKA DAN TUGAS PEMANGKU
A. Pendahuluan
Bila kita perhatikan kegiatan
keagamaan di Bali tidak lepas di dalamnya terkandung suatu ajaran mengenai
etika, susila, upakara dan tampaknya aktivitas upakara dan upacara yang sangat
mendominasi aktivitas kegiatan sehari-hari oleh umat Hindu di Bali. Dalam kegiatan
tersebut diperlukan seorang yang diyakini mampu untuk memimpin upacara tersebut
sesuai dengan tingkat upacara, untuk kegiatan tingkat upacara kecil dan
menengah diperlukan seorang pemangku untuk mengantar pelaksanaan suatu upacara.
Dibalik hal tersebut di atas
sebenarnya pemangku juga sangat berperan penting di dalam menuntun umat dalam
memahami ajaran agama Hindu, dimana di jaman global dan informasi, seorang
pemangku dituntut untuk bisa mampu membina umat terutama kepada generasi muda
yang merupakan generasi penerus dalam pengemban ajaran agama Hindu, sehingga
para generasi muda betul-betul memahami agamanya sendiri dan tidak terjerumus
terhadap hal-hal yang negatif. Seorang pemangku diharapkan dapat meningkatkan
kualitas penghayatan serta pengamalan ajaran agama sehingga diperlukan
pembekalan yang cukup bari para pemangku maupun calon pemangku.
Melalui tulisan ini tanpa
bermaksud untuk menggurui, diharapkan dapat membuka cakrawala dan menambah
wawasan seorang pemangku maupun calon pemangku sehingga dapat mengetahui peran,
tugas dan tanggung jawab sebagai pemangku dalam arti seorang pemangku tidak
semata-mata bertugas menghaturkan upakara saja (dari satu sisi saja) tetapi
yang utama adalah menuntun umat agar memahami hakikat ajaran agama Hindu.
B. Pengertian
Pada umumnya kita di Bali
mendengar kata pemangku (Jro Mangku) memang hal yang sudah biasa, namun perlu
kita ketahui apakah yang terkandung tersirat dari makna kata yang terkandung
didalamnya pada bagian ini kita akan bahas dari beberapa sumber yang
menyebutkan makna dari kata pemangku. Menurut lontar Widhi Sastra kata pemangku
diuraikan menjadi ‘Pa’, bermakna “Pastika pasti”, yang artinya paham akan
hakikat kesucian, dan kata ‘Mang’ bermakna “Weruh ring titining Agama” artinya
paham mengenai pelaksanaan ajaran Agama. Mengingat ‘Mang’ sebagai suku kata
aksara suci Dewa Iswara atau Siwa sendiri sebagai guru niskala bagi warga desa,
beliau juga dijuluki sebagai Sanghyang Ramadesa. ‘Ku’ bermakna “Kukuh ring
Widhi” yang artinya teguh dan konsisten berpegangan kepada Tuhan/ Ida Sanghyang
Widhi.
Kemudian dari kata Widhi,
diperoleh suku kata ‘di’ yang artinya “dina” (hari), dari kata ‘dina’ diperoleh
suku kata ‘na’ artinya “amertha” (sumber kehidupan) dari kata amertha diperoleh
suku kata ‘ta’ artinya “toya” (air), dari kata toya diperoleh suku kayaa ‘ya’
artinya “jati jatining kaweruhan ring kahananing bhuana agung muang bhuana alit
(hakikat pengetahuan mengenai bhuana agung dan bhuana alit).
Dalam Lontar Sukretaning Pamangku,
dinyatakan bahwa pemangku adalah perwujudan I Rare Angon (Dewa
Gembala/Pengangon) yang merupakan perwujudan dari Dewa Siwa seperti dinyatakan
sebagai berikut”
‘Ikang
sukretaning pamangku ring khayangan, wnang tegesin pamangku kawruhakena kang
mawak pamangku ring sariranta. I Rare Angon mawak pamangku ring sariranta’.
Dalam beberapa sumber lain pengertian Pemangku berasal
dari bahasa Jawa Kuno, dari kata ‘pangku’ berubah menjadi kata amangku, mangku,
pinangku, kapangku, yang berarti memangku, mengangga, menopang, membawa pada
kedua tangan di depan dada (Zoetmulder, 1995:750). Dalam bahasa Bali, kata ini
berarti nampa, menyangga, memikul beban atau memikul tanggung jawab sebagai
pelayan atau perantara anatara yang punya kerja dengan Ida Sanghyang Widhi,
dengan kata lain yakni orang yang menerima tugas pekerjaan untuk memikul beban
atau tanggung jawab sebagai pelayan Sanghyang Widhi Wasa sekaligus sebagai
pelayan masyarakat (Suhadana, 2006:6).
Menurut Keputusan Mahasabha Parisadha
Hindu Dharma Indonesia II tanggal 5 Desember 1968, yang dimaksud dengan
pemangku adalah mereka yang telah melaksanakan upacara yadnya pawintenan sampai
adiksa widhi, tanpa ditapak dan amari aran.
Dengan berpedoman pada sastra di
atas, bahwa seorang pemangku tugas pokoknya tidak cukup memberikan pelayanan
kepada umat dalam rangka menyelesaikan upacara yajna saja, pemangku juga wajib
menjaga kesucian diri baik untuk pribadi maupun orang lain mengingat beliau
merupakan perwujudan Siwa sekala, atau Siwaning desa pakraman, sebagai pengembala
umat yang bertugas menuntun umat setiap hari dalam rangka pencarian hakikat
sang diri demi terwujudnya kerahayuan jagat.
Dalam aspek yuridis formal seorang
pemangku adalah orang-orang yang masih tergolong ekajati, mengingat upacara
penyucian sebatas mapadengen-dengenan dan pawintenan.
C. Hakikat Pemangku
Iki Sukretaning Pemangku:
‘iki
sukretaning pemangku ring kahyangan wnang tegesing pemangku kawruhakena kang
mawak pemangku ring sariranta. I Rare Angon mawak pemangku ring sariranta.
Saisining bhuana agung bhuana alit ring sariranta magenah ring pangantungan
hatinta ngaran. Ika ngaran I Rare Angon wruh ring sakwehing Dewa mwang maka
ratuning sariranta. Mwang bhuta kala ring sariranta sami padha kawengku dening
I Rare Angon.
Kunang
yang ring bhuana agung ngaran pemangku, hana sunya maha rata, tan hana paran
paran, paran ikang kabeh, kabeh nora hana, hana windu suwung, ika mayoga mijil
ikang padma nglayang, ikang padma masarira Taya, ngaran madya asana, sang hyang
malengis ngaran, sanghyang ananta wisesa ngaran Sanghyang Murtining luwih
ngaran, kami nimitaning hyang kabeh, guruning hyang guru ngaran, lwirnya alit
tan hana alitan, luhur tan hana luhuran, maraga bhatara Suci Suksmaning Hyang,
hyang ning hyang ngaran, sakalwiring hyang kabeh sami kawengku dening Sanghyang
Murtining luwih.
Anghing
haywawera, bwat apadrawa denya, hana pawekasing bhatara ring pemangku, yan
rawuh patatoyan Ida Bhatara ring madyapada, raris angicen bajra patatoyan, maka
wruh ikang pemangku, kawit kretaning pemangku nora angagem bajra, nora wruh
ring kapamangkuan, angaru-ara sira dadi pemangku, angiya-ngiya sira ngaran,
kena sapaning bhatara, meh tumbuh edan, karogan-rogan, anyolong angedih-edih
ring pisaga.
Yan
ngastawa Bhatara aseha-seha nora turun Ida Bathara, apan sira tan eling kawit kandaning
pamangku, angganggo lobha angkara, undura cara kita, kalinganya tan menget ring
agamaning bhatara, tuhu sira dusun angger, Ida Pamongmong ngaran.
Iki
wenang tegesing tingkahe angagem kapemangkuan, kunang yajna sregep angangge
pustaka iki, tirunen sira mangku sang kulputih’.
Iki ling ning Widhi Sastra:
‘Yan
hana pemangku durung adhiksa widhi muang katapak de sang Pandita Putus, tan
kawenangan mabebajran, amada-mada sira mangku sang kulputih, tinemah pwa sira
denira sang kulputih. Jahtasmat tan manadi jadma mwah, tan mangku ngaku mangku,
yan sampun adhiksa widhi katapak dening Sang Pandita Putus, wenang sang
pemangku mabebajran, mwang ngaloka pala sraya, maka walining yajna, wenang
pemangku nyirating sawangsa ring pakraman. Sang mangku wenang ngawalinin yajna
manut panugrahan saking Sang Nabe/Guru’.
Ling ning Kusuma Dewa:
‘Iki
uttamaning pemangku, yening mangku jagat, mangku dalem ngaranya, wenang masuci
purnama mwang tilem, nganggehang brata, tapa yoga, samadhi, satya ring
tingkahing kadharman, mangkana tingkahing mangku jagat’.
‘Yan
nora pageh ngalaksanayang kadharman, mangku sira mangku sorbet ngaran,
kawenangan sira lumaku ring sor, tan kawenangan sira ngangge pustaka,
kawenangan sira kabasa mangku, cantule sira nampi, dudu weruh ngaku weruh, tuhu
sira dusun, salah tampen’.
‘Iki
ngaran Kusuma Dewa panganggen nira sang mangku jagat, kawenangan pinaka nyuci
adnyana nirmala, ngaran nare pinaka raga, bahu pinaka sirah tripada, sirah
siwambha madaging tirtha, ring selaning lelata, Ongkara sumungsang pinaka
candana, citta nirmala pinaka bija, sucining awak pinaka dipa, nitra manis
pinaka dupa, ujar tuwi rahayu mangenakin pangrengenta, Agni ring Nabi, pinaka
sekar tunjung, kucuping tangan kalih pinaka gentha, tutuknya pinaka hyang
ngaran, saika tingkahing amuja, samangkana sang mangku jagat’.
‘Iki
kaweruhaken tingkahing dadi mangku, wenang sor wenang luhur, sira mangku, kaya
iki sira mangku kaweruhung aji, angganing sapta jati, sapta ngaran pitu, pitu
ngaran pitutur, pitu ngaran putus, tus ngaran tas, tas ngaran tatas, ring
daging raga sariranta’.
Ling ning Adhi Purwa Gama Sesana
‘Yan
hana wwang kengin kumaweruha ri kahananing Sang Hyang Aji Aksara, yogya
ngupadhayaya awak sarisanya ruhun, lumaksana tan kaharuning letuh, lamakana
weruh ri jatining manusa, wenang sira mawinten rumuhun, mwang katapak denira
Sang Guru Nabe, apan sira Sang Guru Nabe bipraya angupadhayaya, mwang nuntun
sang sisya kayeng kawekas. Mawastu mijil saking aksara ngaranya’.
‘Yan
hana wwang kengin kawruha ri kahananing sang hyang aji, tan mangupadhayaya, tan
maupakara, tan matapak mwah tanpa guru, papa ikang wwong, yan mangkana Babinjat
wwang ika ngaranya, apan mijil tanpa guru tan mangaskara dening niwedya, kweh
prabedanya wwang mangkana, papnehnya bawak, polahnya mumpang laku, wahya kadi sato,
juga kahidepannya, ri pademnya dlaha, atmanya wwang mangkana kadanda dening
watek Kingkara Bala manadi entiping kawah Tambra Gohmuka, yan mangjadma mwah,
matemahan ta sira sarwa Triyak Yoni, amangguhaken kasangsaran’.
‘Mne
hana piteketku, yan hana wwang durung adhiksa Dwijati, haywa wehana gumelaraken
Sodasa Mudra, kopedrawa ta sira denira Sang Hyang Asta Dewata, kewala amusti
juga kawenang rikang wwang durung adhiksa Dwijati, ri sang arep anembah Dewa
Hamreyoga aken Sang Hyang ri dalemning sarira. Mangkana piteketku ri wwang
kabeh, hayma marlupa, hila hila dahat’.
D. Jenis Pemangku
Sesuai dengan ketetapan Mahasabha
II PHDI tahun 1968 disebutkan pula, bahwa yang tergolong ke dalam rohaniman
dalam tingkat Ekajati selain pemangku adalah Wasi atau Pinandita, Mangku
Balian, Mangku Dalang, Pangemban, Dharma Acharya. Beliau-beliau ini tidak
memiliki ikatan dengan suatu tempat suci tertentu, oleh karena itu rohaniman
ini dalam melaksanakan tugasnya lebih bersifat umum, seperti menyelesaikan
upacara perkawinan, upacara manusa yadnya lainnya, upacara kematian dan
sebagainya.
Menurut isi Lontar Raja Purana
Gama, Ekajati yang tergolong pemangku ini dibedakan menjadi 12 (dua belas)
jenis sesuai dengan tempat dan kedudukan beliau-beliau ini dalam melaksanakan
tugasnya.
1. Pamangku Kahyangan Tiga.
Pemangku yang bertugas di Kahyangan Tiga, seperti
pemangku Pura Desa, Puseh dan Dalem.
2. Pamangku Pamongmong.
Pemangku yang hanya bertugas sebagai pembantu daripada
pemangku yang utama di suatu pura, dengan tugas pokok mengatur tata pelaksanaan
dan jalannya upacara.
3. Pamangku Jan Banggul.
Pemangku yang hanya bertugas sebagai pembantu di pura,
dalam tugas-tugas mengatur sesajen, menurunkan arca, pratima, memasang busana
pada palinggih, membagikan wangsuh pada dan bija kepada umat yang sembahyang.
Di beberapa tempat dikenal dengan istilah sadeg, juru sunggi, dll.
4. Pamangku Cungkub.
Pemangku yang bertugas di Mrajan Gede yang memiliki
jumlah palinggih sebanyak sepuluh buah atau lebih.
5. Pamangku Nilarta.
Pemangku pada pura keluarga atau kawitan.
6. Pamangku Pandita.
Pemangku yang memiliki tugas muput yajna seperti
Pandita, adanya pemangku seperti ini didasarkan adanya tradisi atau purana pada
daerah tertentu yang tidak diperkenankan menggunakan pemuput Pandita. Sehingga
segala tugas, menyangkut pelaksanaan Panca Yajna diselesaikan oleh pemangku
ini.
7. Pamangku Bhujangga.
Pemangku yang memiliki tugas pada Pura Leluhur atau
Kawitan yang tergolong paibon.
8. Pamangku Balian.
Pemangku yang melaksanakan swadharmanya sebagai
balian, mengobati orang sakit.
9. Pamangku Dalang.
Pemangku yang melaksanakan tugas / swadharmanya
sebagai dalang.
10. Pamangku Lancuban.
Pemangku yang bertugas sebagai mediator membantu dalam
matuwun, untuk memohon petunjuk dari dunia niskala.
11. Pamangku Tukang.
Pemangu yang paham ajaran wiswakarma, serta segala
yang tergolong pekerjaan tukang undagi, sangging, pande, dan sejenisnya.
12. Pamangku Kortenu
Pamangku yang bertugas di Pura Prajapati atau Pengulun
Setra.
E. Kewenangan Pemangku
Pemangku memiliki batas kewenangan
yang berbeda dengan sulinggih di dalam mengantar yajna, berdasarkan keputusan
Seminar Kesatuan Tafsir Terhadap Aspek-Aspek Agama Hindu IX Tahun 1986, yaitu:
1.
Menyelesaikan upacara rutin atau pujawali/
piodalan pada pura yang diemongnya serta mohon tirtha kehadapan ista dewata yang
distanakan di pura tersebut termasuk upacara pembayar kaul/ sesangi.
2.
Bila menyelesaikan tugas kepemangkuan di luar
pura yang diemong, pemangku/pinandita tidak diperkenankan muput, melainkan
nganteb, dengan tirtha pamuput dari sulinggih.
3.
Dalam penyelesaian upacara, pemangku diberi
wewenang, bhuta yajna sampai pancasata, ayaban sampai pulagembal, manusa yajna
dari bayi lahir sampai dengan otonan biasa, pitra yajna wewenang diberikan
sampai pada mendem sawa disesuaikan pula dengan catur dresta yang ada.
Menurut dalam Lontar Tattwa Dewata disebutkan kewenangan pemangku
ngantebang upakara yang isinya:
‘Mwah kang wenang ngaturang
pabanten de mangku juga wenang sane wruh ring kandaning dewa tur ya wruh ring
utpeti, stiti, pralinaning dewa, ikang wruh ring tatwaning sad rasa, ika juga
maka wnangane angasrenin haturan ring bhatara mwah sakahyangan sang haji bali’.
Bila seorang pemangku menggunakan Genta di dalam pelaksanaan upacara disebutkan di dalam
Lontar Kusuma Dewa:
‘Hana pweksing Bhatara ring
pamangku Ida, yan rawuh tatoyan ring mrecapada, raris angicen bajra tatoyan,
maka wruh ikang pamangku kawit kretaning bhatara. Yan nora nganggen bajra, nora
weruh ring kapamangkuan angaru ara sira, dadi pamangu angiya-iya sira’.
Kewenangan pemangku menurut Lontar Sangkulputih sebagai berikut:
‘Kunang kramanira yan sampun sira
abersih anuwun pada ring sang brahmana Pandita Siwa Yogiwara, wawu wenang sira
angrasukaken sakbwating haji sangkulputih, yan durung samangkana, tan wenang
tulah pwakita, kena sodha denira Sanghyang Weda, apan kita langgana tulah
tempal ngaran’.
‘Kunang yan sira ki pamangku wawu
abersih dening pawintenan olih nugrahanira sang pandita, bwatning dharma
pawintenan agama, marajah sastra ring raga, wenang iki tutakena, aja nuna
lewihin, apan krama wus spatika, nugrahanira Sanghyang Haji, yan tan mangkana,
baya keneng dosa sira de bhatara’.
Yang disebut ‘abersih anuwun pada’ dalam hal ini maksudnya bukan
ditapak oleh Ida Sulinggih, tetapi tingkat banten pawintenan dan rerajahannya
yang dapat disebut Mangku Gede atau Pamangku Putus dibenarkan memakai
pangastawa Sangkulputih.
F. Tugas dan Kewajiban.
Secara rinci tugas dan kewajiban
pemangku telah diatur dalam awig-awig Desa Pakraman, untuk Pamangku Kahyangan
Desa. Jika Pamangku Kawitan atau Pamangku Pura Keluarga diatur berdasarkan
kesepakatan pangemponnya, namun secara umum tugas dan kewajiban pemangku adalah
sebagai berikut:
1.
Melaksanakan tugas kepemangkuan dengan konsisten
dimana yang bersangkutan ditetapkan sebagai pemangku. Senantiasa selalu menjaga
kesucian diri dan pura.
2.
Menjaga artha milik pura dan memelihara
kebersihan serta kesucian pura dan segala hal yang dipandang dapat menodai
kesucian pura.
3.
Menuntun umat dalam menciptakan ketertiban dan
kehikmadan pelaksanaan upacara.
4.
Sebagai duta dharma yang senantiasa memberikan
tuntunan kepada umat menyangkut pengembangan ajaran-ajaran agama.
G. Sarana Kepemangkuan.
Dalam Keputusan Seminar Kesatuan
Tafsir Aspek-Aspek Agama Hindu VI Tahun 1980 disebutkan:
1.
Busana lan upakarana pamangku.
·
Pada saat pemangku melaksanakan tugas
kepemangkuannya supaya berpakaian serba putih dan tata busananya sesuai dengan
etika kepemangkuan.
·
Seorang pemangku tidak dibenarkan menggunakan
perlengkapan Siwa Upakarana: lungka-lungka, padamaran, sasirat, genitri
gondala, sempet tripada, siwamba layaknya perlengkapan dan busana Sulinggih,
seorang pemangku patut menggunakan Mangkupakarana seperti: genta, dupa sesirat
kusangra, sekar, padma janur, pasepan, caratan toya anyar, menyan astinggi,
sangku atau payuk anyar tirtha panglukatan, bija, tetabuhan arak berem, canting
tirtha kakuluh, tatakan dulang.
2.
Kesepungan letuh dan kecuntakan.
Semua tindakan yang tidak baik dan
tercela harus dihindari oleh seorang pemangku sebeb kesemuanya itu akan
menyebabkan kekotoran di dunia ini hal ini telah disebutkan di dalam Bhagawad
Gita XVI.21 ‘Triwidham narakasyedam dwaram
nasanam atmanah, kamah krodhas tatha lobhas tasmad etat trayam tyajet’. Artinya
“Ada tiga jalan menuju ke neraka, kama, krodha dan lobha, setiap orang
hendaknya menjauhkan sifat yang ketiga tersebut sebab ketiga hal tersebut akan
menjerumuskan kita dari tujuan hidup dan menempatkan sang atma ke alam neraka”.
Ketiga sifat tersebut di atas akan menyebabkan sifat
dan perilaku kita sebagai berikut:
a.
Tri Mala:
1)
Mithya Hrdaya :
kahyune sane linyok.
2)
Mithya Wacana :
linyok ring semaya.
3)
Mithya Laksana :
berperilaku tidak baik (dudu)
b.
Sad Ripu:
1)
Kama :
ngulurin indriya
2)
Lobha :
loba drowaka
3)
Krodha :
setata gedeg
4)
Mada :
mamunyah
5)
Moha :
inguh lan bingung
6)
Matsarya :
irihati
c.
Panca Ma
1)
Mamotoh :
senang berjudi
2)
Mamaling :
mencuri
3)
Mamunyah :
suka mabuk minuman keras
4)
Mamadat :
merokok, narkotika
5)
Mamitra :
berselingkuh
3.
Kacuntakaning Pamangku
a.
Menurut Lontar Tata Krama Pura seorang pemangku
tidak kena cuntaka apabila:
·
Kalau ada salah satu krama desa, banjar atau
keluarga yang meninggal yang berlainan pekarangan (tidak dalam satu pekarangan)
seorang pemangku tidak kena cuntaka oleh sebab itu seorang pemangku bisa
menjalankan tugas kepemangkuannya. Jika yng meninggal satu pekarangan dengan
pemangku, Ki Pamangku kena cuntaka 3 hari atau lebih menurut dresta/ aturan
yang berlaku di desa tersebut. Kalau ada anak putu ki pamangku meninggal, kena
cuntaka tujuh hari setelah itu ki pamangku wajib aprayascita. Sedangkan seorang
Brahmana Pandita tidak kena cuntaka.
b.
Menurut ketusan Lontar Widhi Sastra Swa Mandala
sebagai berikut:
·
‘Mawah yan
hana kahyangan panyiwian sang ratu, yaduam prasadha ring kahyangan ika,
masanding umahnia maparek, tan pabelat marga ri tekaning kapatian de mangku
hageakna pprateka haywa ngaliwat salek suwenya. Yan hana halangan bhumi bhaya
kinwande sang ratu dohaken anyekah wangke ika , yan prahimba marep juga same
anyekah wangke, yan anti amreteka, wenang mulih ring dunungania nguni, haywa
nyekeh sawa ring dunungan de mangku sasuwe-suwenia lemah ikang parhyangan sang
ratu, palania sang ratu gering, reh de mangku angungku cemer. Yan doh anyekeh
wangke selat marga rurung, limang dina de mangku kacuntakan dadi de mangku ulah
ulih ring kahyangan, ngaturang pasucian. Yan de mangku nyekeh wangke ring
umahe, salawase tankawasa de mangku ka kahyangan sapuputan sawa ika mabhasmi
luwar cuntakania’.
c.
Menurut Lontar Tattwa Siwa Purana.
·
‘Yan
sampun madeg pamangku, tan kawenangan cemer, yan wenten pamangku malih ngambil
rabi, ri wusnia mapawarangan, wenang sira mangku malih manyepuh, pawintenan
nguni, mwah ngaturang pasapuh ring pura, mwah wadonne punika wenang nyepuh. Apan
tan kari karaketan letuh, yan marabi saking paican nabe, mwang guru wisesa,
kalih saking pakramane, ngaturin marabi, punika dados ngaturang pangrebu alit,
ring pura-puura nente ja masasap’.
4.
Kacuntakan Mangku Istri
Mangku Istri kena cuntaka, disebabkan oleh datang
bulan (kotor kain) lamanya sama seperti kebiasaan, sesudah bersih, berkeramas
dan maprayascita, setidak-tidaknya matirtha panglukatan sebelum ngaturang ayah
ke pura.
Menurut Keputusan Seminar Kesatuan Tafsir Aspek-Aspek
Agama Hindu VI Tahun 1980 disebutkan:
a.
Kecuntakaan akibat melahirkan yang kena cuntaka
suami termasuk rumah yang ditempati, istrinya lamanya cuntaka 42 hari,
sedangkan suami lamanya cuntaka setidak-tidaknya sampai bayi kepus pungsed.
b.
Cuntaka disebabkan kelabuhan bobot (abortus),
lanang istri termasuk rumahnya lamanya cuntka 42 hari setelah itu aprayascita.
H.
Larangan
Bagi Pemangku.
Dalam upaya memelihara kesucian
diri sebagai pemangku, berdasarkan sumber sastra yang ada, beberapa larangan
yang patut dijauhi oleh seorang pemangku:
1.
Dalam Lontar Kusuma Dewa diuraikan sebagai
berikut:
·
‘Yan Hana
pamangku widhi atampak tali, cuntaka dadi pamangku, wenang malih maprayascita
kadi nguni upakarania, wenang dadi pamangku widhi malih yan nora mangkana
phalania tan mahyunin bhatara mahyang ring kahyangan’.
Terjemahan:
“Bilamana seorang pemangku pura pernah diikat/
diborgol dipandang tidak suci pemangku tersebut, wajib kembali melaksanakan
upacara penyucian seperti sedia kala, dibenarkan ditetapkan kembali sebagai
pemangku bila tidak demikian akibatnya tidak berkenan Tuhan turun di pura”.
·
‘Yan hana
mangku widhi sampun putus madiksa widhi mawinten, mapahayu agung, ikanang
antaka away pinendem, tan wenang ila-ila dahat, ikang bhumi kena upadrawa ikang
panenggeking bhumi’.
Terjemahan:
“Blia ada pamangku pura yang telah melaksanakan
pewintenan hingga tingkat mapahayu agung, tatkala kematiannya jangan dikubur,
bahaya akan mengancam, kena kutukan penguasa pemerintah”.
·
‘Aja sira
pati pikul-pikulan, aja sira kaungkulan ring warung banijakarma, aja sira
munggah ring soring tatarub camarayudha, saluwiring pajudian, mwang aja sira
parek saluwiring naya dusta’.
Terjemahan:
“Pemangku jangan sembarangan memikul, jangan masuk ke
warung tempat berjualan yang tidak diupacarai, jangan duduk di arena sabung
ayam, semua jenis perjudian, dan jangan dekat dengan niat yang jahat”.
·
‘Yan
pamangku mawaywahara, tan wenang kita anayub cor teka wenang adewa saksi’.
Terjemahan:
“Bilamana pemangku bersengketa, berperkara tidak patut
mengangkat sumpah dengan cor, yang patut dilakukan adalah mohon pesaksi
kehadapan Hyang Widhi”.
·
‘Samaliha
tingkahing pamangku, tan kawasa keneng sebelan sira pamangku, yan hana wwang
namping babatang tan kawasa sira mangku marika, tur tan kawasa amukti drewening
wwang namping babatang’.
Terjemahan:
“Dan lagi perilaku menjadi pemangku, tidak dibenarkan
dinodai oleh cuntaka, bila ada orang yang punya kematian (jenasah) tidak
dibenarkan pemangku mengunjungi orang yang kedukaan tersebut, apalagi menikmati
makanan dan minuman di tempat tersebut”.
Walaupun demikian dalam situasi
dan keadaan tertentu, pemangku sering dihadapkan pada pilihan yang sulit, jika
keluarga meninggal misalnya atau tanpa sengaja terlibat dengan aktivitas yang
tidak terjamin kesuciannya. Lontar Sodasiwikerama memberikan jalan keluarnya,
maka seorang pemangku diwajibkan mengucapkan mantra Aji Panusangan:
‘Iki Sang Hyang
Aji Panusangan, ngaran, pangeleburan letuhing sarira, palania tan keneng
sebelan, salwiring mageleh ring prajamandala, wenang sakama-kama apan sang
hyang mantra utama, yan tasak dening ngarangsukan mantra iki, saksat mawinten
ping telu, gelaraken siang latri’.
Mantra:
“Idep aku
anganggo Aji Kotamah, amangsa-amungsung aku tan pabersihan, aku pawaking sera,
suka kang akasa, suka kang perthiwi, tan ana aku keneng sebelan, apan aku teka
ameresihin awak sariranku (teka bersih-bersih-bersih)”. 3X
2.
Dalam Lontar Tattwa Siwapurana
·
‘Samaliha
yan sampun madeg pamangku tan wenang ngambil banteng, mikul tenggala mwang
lampit, tan palangkahin sawa, sarwa sato, salwiring sane kinucap cemer’.
Terjemahan:
“Dan lagi bila sudah menjadi pemangku, tidak patut
mengaambil sapi, memikul alat bajak, tidak dilangkahi jenazah, binatang maupin
segala yang tergolong ternoda dalam aspek keagamaan”.
Dalam Paruman Sulinggih Tingkat Provinsi Bali tahun 1992 telah diambil
suatu kesimpulan yaitu: ‘pamangku tan pati pikul-pikul’, tidak dibenarkan ikut
ngarap sawa, tan wenang cemer. Bila terbukti, pemangku patut melaksanakan
aprayascita atau nyepuh.
I.
Brata
Pemangku
Dalam melaksanakan tugas sebagai
seorang pemangku, pemangku senantiasa harus melandaskan dirinya dengan selalu
berpegang teguh pada sastra agama, pemangku dipantangkan untuk melakukan
tindakan yang disebut dengan ‘Nyamuka’ yaitu ‘Angwikoni awaknya dewek’, artinya
menjadikan dirinya selaku pandita yang sesungguhnya belum memiliki kewenangan
untuk itu.
Untuk menyangga tugas yang begitu
mulia itu seorang pemangku wajib melaksanakan brata disiplin yang ketat,
sebagai landasan untuk mencapai tuhan, sesuai pernyataan Yajurweda XIX.35
sebagai berikut:
‘Vratena diksam
apnoti, diksaya apnoti daksinam, daksina srasddham apnoti, sraddhaya satyam
apyate’.
Terjemahan:
“Dengan menjalankan brata (disiplin diri) seseorang
mencaai diksa (penyucian diri), dengan diksa seseorang memperoleh daksina
(penghormatan), dengan daksina seseorang memperoleh sraddha (keyakinan yang
teduh), melalui sraddha seseorang memperoleh satya (Hyang Widhi)”.
Lebih lanjut brata ini dijabarkan menjadi Yama dan
Niyama Brata, terdiri dari:
1.
Yama Brata terdiri dari:
a.
Ahimsa :
tidak membunuh, menyakiti makhluk lain
b.
Brahmacari : tekun memperdalam ilmu
keagamaan
c.
Awyawahara : tidak pamer dan dapat
mengekang hawa nafsu
d.
Asteya : tidak suka mencuri, korupsi,
mengambil milik orang lain
e.
Satya : senantiasa menjunjung
kebenaran, taat dan jujur
2.
Nyama Brata terdiri dari:
a.
Akroda : mengekang api amarah, nafsu
serta berusaha mengendalikan diri.
b.
Guru susrusa :
selalu taat kepada perintah guru, serta mengikuti semua ajarannya.
c.
Sauca :
selalu melembagakan kesucian dalam kehidupan sehari-hari.
d.
Aharalagawa : tidak sembarang makan dimakan.
e.
Apramada : tidak menghina, melecehkan
pendapat orang lain serta mabuk terhadap apa yang dimiliki.
Secara khusus bebratan tentang kepemangkuan ini termuat dalam Lontar
Tattwa Dewa sebagai berikut: ‘Pamangku tan amisesa gelah anake juang,
tembe-tembe ring niskala’. Artinya: “pemangku tidak dibenarkan mengambil milik
orang lain, lebih-lebih milik pura”. Hal ini mengingatkan agar para pemangku
tidak rakus terhadap kepunyaan pura, seperti sesari maupun barang-barang lainnya
yang dipersembahkan oleh umat.
Selanjutnya tentang bebratan pemangku dalam rangka menjaga kesucian
diri ‘susila ambeking budhi’ dan menghindari perbuatan dursila maupun yang
dipandang mencemari dirinya secara lahhir batin, juga ada brata lainnya disebutkan
dengan brata haji kreta namanya, sebagai berikut:
‘Nihan haji kretta ngaran, tingkahe
mamangku, asuci purnama tilem, ika maka wenang adenging abrata, kawasa mangan
sekul, kacang-kacang garam, aywa mangan ulam bawi lonia satahun, malih abrata
mangan sekul iwaknia tasik lonia solas dina, malih abrata amangan sekul iwaknia
sarwa sekar lonia tiga dina, nihan brata amurti wisnu ngaran, kawasa mangan
sekul iwaknia sambeda, aywa nginum toya solas dina lonia, brataning abrata
ngaran’.
Terjemahan:
“inilah haji
kreta namanya, perilaku menjadi pemangku, menyucikan diri purnama tilem, itulah
kelengkapan melaksanakan brata, diwajibkan makan nasi, kacang-kacang, garam,
jangan makan daging babi lamanya setahun, dan lagi makan nasi dengan lauk garam
lamanya sebelas hari, dan lagi abrata makan nasi lauknya bunga-bungaan lamanya
tiga hari, ini brata amurti wisnu namanya, dibenarkan makan nasi lauknya
sembarangan namun jangan minum air sebelas hari puncak brata namanya”.
J.
Hak-Hak
Seorang Pemangku.
Sebagai wujud penghargaan terhadap
tugas dan kewajiban pemangku yang cukup berat, Seminar Kesatuan Tafsir
Aspek-Aspek Agama Hindu VI tahun 1980 ditetapkan sebagai berikut:
1.
Bebas dari ayahan desa, sesuai dengan tingkat
kepemangkuannya.
2.
Dapat menerima bagian sesari aturan atau
sesangi.
3.
Dapat menerima bagian hasil pelaba pura (bagi
pura yang memiliki)
Walau telah diatur seperti di atas, pelaksanaannya tetap disesuaikan
dengan situasi dan kondisi setempat maupun awig-awig yang telah disepakati,
baik yang berlaku di lingkungan suatu pura maupun desa adat, pemangku kahyangan
desa menjadi tanggung jawab Desa Pakraman.
Bagi pemangku yang bertugas di luar Kahyangan Desa, mendapatkan
penghargaan dan hak dari kelompok pangempon pura tempatnya bertugas sebagai
pemangku, sedangkan kewajiban terhadap Desa Pakraman dan Pura Kahyangan Desa
masih dibebani dalam tingkat tertentu sesuai dengan awig-awig setempat.
Sedangkan pemangku jenis Pinandita, Pemangku Dalang, Pemangku Tukang,
tidak mendapat luput, karena tugasnya tidak terkait secara langsung dengan
suatu pura tertentu.
Di luar dari hak yang berupa penghargaan kepada pemangku seperti
tersebut di atas, berdasarkan kesepakatan maupun awig-awig pemangku sering
diberi penghargaan berupa:
1.
Punia berupa pakaian setiap setahun sekali atau
berupa dana/ uang dari perseorangan maupun lembaga yang sifatnya tidak
mengikat.
2.
Bila meninggal, biaya pengabenan ditanggung Desa
Pakraman atau pengempon pura dimana pemangku tersebut bertugas.
K. PENUTUP
Demikianlah pemangku sebagai
panutan masyarakat, patut memimpin dan menuntun masyarakat dalam melakukan
upacara yajna, baik di pura maupun di masyarakat sebagai komunikator umat
kepada Tuhan. Untuk itu pemangku wajib memahami ajaran-ajaran susastra suci
agama Hindu yang telah ditetapkan kemudian lanjut mengamalkan dalam tugas dan
kehidupan sehari-hari.
Sumber: “Modul Panduan Pendidikan Kepemangkuan”
oleh: Ida Pandita Dukuh Acharya Dhaksa, Padukuhan Samiaga Penatih-Denpasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar