Jumat, 13 Juli 2012

Kekuatan Sebuah Persahabatan


Dalam epos cerita Mahabharata, ada dua persahabatan yang begitu erat dan menarik, yaitu:
1. Persahabatan Khrisna dengan Arjuna (sekaligus sepupu);
2. Persahabatan Duryodhana dengan Radheya (Karna).
Dua pasang sahabat tersebut kisahnya begitu menonjol dalam Mahabharata. Salah satu cuplikan terkenal dari pasangan Khrisna-Arjuna adalah ketika keduanya bahu membahu dalam membantu Dewa Agni dalam membakar hutan Kandawa, mereka harus bertempur menghadapi Dewa Indra beserta dewa-dewa lain yang membantunya, dimana pertempuran dimenangkan oleh Khrisna dan Arjuna.

Khrisna juga beberapa kali menyelamatkan Arjuna dalam perang Kurukhsetra antara lain saat menghadapi Bhagadatta raja Pragyotisha sekutu Kaurava juga menghadapi Srutayudha yang memiliki Gada Waruna. Kisah yang menyentuh tentang Khrisna dan Arjuna adalah saat Khrisna memutuskan untuk melanggar sumpahnya sendiri dengan bersiap untuk bertarung untuk Arjuna bila sahabatnya gagal memenuhi sumpahnya membunuh Jayadrata raja Sindhu setelah kematian Abhimanyu.
Sedangkan Duryodhana dan Radheya tidak diragukan lagi persahabatan mereka, Duryodhana yang terkenal pemurah (kecuali berkenaan dengan Pandawa) berniat membagi Tahta yang sama dengan Radheya. Hanya Duryodhana lah yang tidak pernah mempermasalahkan kelahiran Radheya, dan dia percaya penuh dengan kemampuan Radheya dalam perang. Radheya demi rasa cinta dan bhakti pada Sahabat sekaligus rajanya Duryodhana melakukan penaklukan keempat penjuru demi kejayaan Duryodhana (dilakukan saat Pandawa dibuang ke hutan).
Adegan yang menyentuh dan mengharukan dari persahabatan mereka adalah saat Duryodhana tidur di ranjang Radheya saat kejatuhan Bhisma, Radheya adalah satu-satunya tempat Duryodhana berkeluh kesah dan menumpahkan perasaannya, mereka pun pernah tidur dalam ranjang yang sama. Cuplikan yang mengharukan dari sahabat ini yang lain adalah saat Duryodhana meratapi kematian Radheya, di malam Radheya gugur, Bhisma memberitahu Duryodhana kalau Radheya adalah saudara tertua Pandawa, tapi tetap berpihak pada Duryodhana atas nama persahabatan.

Dan kita semua tahu dari dua pasang sahabat tersebut memiliki akhir yang berbeda, Khrisna - Arjuna mencapai kejayaan sedangkan Duryodhana - Radheya menemui kehancuran. Begitu besar pengaruh seorang sahabat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar