Jumat, 10 Februari 2012

KEBANGGAAN DIRI

Pernahkah kita memperhatikan diri kita sendiri, bahwa kebanggaan diri yang berlebihan itu sering kali malah menimbulkan kebodohan dan kekonyolan dalam sikap dan tidakan kita untuk menjaga gengsi.
Banyak dari kita tidak suka jika dikatakan sebagai orang yang ketinggalan zaman. Banyak pula dari kita yang tidak suka merasakan jika gengsi kita turun atau merosot.

Kita ingin terus terlihat membanggakan dimata orang lain. Karena ada keinginan yang kuat mempertahankan gengsi kita, kadang kita lupa melakukan suatu hal diluar kemampuan kita, sehingga perbuatan kita menjadi salah dan konyol. Untuk menutupi kesalahan yang kita lakukan, kita malah menyalahkan orang lain atau suatu benda yang tidak pada tempatnya.
Orang yang seperti ini justru sering kali merupakan orang yang paling tidak mengetahui dan menyadari kemampuan diri sendiri. Orang-orang yang seperti ini pula mudah sekali jatuh ke dalam sikap sok tahu. Mereka mudah berpuas diri dan merasa telah mengetahui segala-galanya. Mereka sama sekali tidak menyadari akan betapa tanggungnya pengetahuan mereka. Baru ketika berhadapan dengan situasi-situasi asing yang belum pernah dihadapinya, kebodohannya menjadi tampak jelas.
Inilah kehebatan orang yang begitu serius mempertahankan gengsi mereka dihadapan orang lain, Watak gengsi merupakan watak yang serba tanggung, Watak gengsi merupakan akar dari sikap sok tahu dab sikap tidak mau belajar lebih jauh.
Watak ini merupakan penghalang bagi tumbuh berkembangnya ilmu pengetahuan. Karena sudah merasa bangga dengan gengsinya dan yang dipentingkan bukanlah ilmu pengetahuan itu sendiri, namun gengsi dirinya sendiri
Di dalam hukum permainan alam tidaklah main-main, karena setiap karakter membawa sebab dan akibatnya masing-masing. Demikian pula dengan karakter sok gengsi. Dan satu pertanyaan untuk diri saya sendiri, " Apakah saya termasuk orang yang demikian ataukah saya malah ingin menjadi orang yang seperti itu dan menjadikan orang-orang seperti itu sebagai guru saya......????""
Menjadi sibuk dengan gengsi dan berpuas diri dengan kebodohan diri sendiri merupakan jalan pasti menuju kekonyolan dan kebodohan diri.

1 komentar: