Kamis, 23 Februari 2012

WELAS ASIH

Perasaan yang penuh pengertian dan perasaan welas asih adalah sumber energi yang sangat kuat.
Pengertian dan welas asih ini selalu bertolak atau berseberangan dengan kebodohan dan kepasifan.
Ketika kita berpikir bahwa welas asih berarti pasif, lemah, penakut, menerima begitu saja dan tidak menentang ketidakadilan, maka kita tidak tahu arti sebenarnya dari pengertian welas asih .
Pengertian dan welas asih itu sebenarnya adalah pejuang dan pahlawan yang telah mendapatkan banyak kemenangan.

Ketika kita bertindak dengan welas asih, dengan tanpa kekerasan, ketika kita bertindak berlandaskan non dualisme, kita harus menjadi sangat kuat. Kita tidak lagi bertindak atas kemarahan, kita tidak menghukum atau menyalahkan.
Welas asih berkembang secara konstan di dalam diri kita dan kita akan berhasil dalam perlawanan menentang ketidakadilan, karena kekuatan welas asih dan pengertian bukan atas dasar kemarahan.
Menjadi welas asih bukan berarti kita harus menjadi seorang pertapa terlebih dahulu.Menjadi welas asih tidak berarti membiarkan orang lain menginjak kepala kita.Menjadi welas asih bukan berarti membiarkan diri kita ditindas.
Menjadi welas asih bukan berarti kita menderita yang tidak perlu atau kehilangan akal sehat.
Kita harus melindungi diri kita sendiri dan orang lain. Ketika kita harus menghukum orang lain karena dia berbahaya, maka kita harus melakukannya. Tetapi kita melakukannya dengan welas asih. Motivasi kita adalah untuk mencegah orang itu agar tidak terus melakukan tindakan yang merusak dan tidak memperbesar kemarahannya.
Astungkara............

2 komentar:

  1. Punya referensi buku mengenai welas asih pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah maaf bro.. Klo tentang welas asihnya sendiri saya ga punya... Tp klo konsep welas asihnya ada d beberapa buku2 pelajaran agama...

      Hapus